Makanan ringan Nusantara

Indonesia tersebut kaya. Bukan melulu alam dan kebudayaannya, tetapi pun kulinernya. Salah satu kekayaan kuliner Indonesia tampak dari ragam jajanan pasar yang dimilikinya.

Jajanan pasar adalahpenganan yang biasa dibeli dari pasar tradisional. Jenisnya juga beragam, mulai dari yang rasanya manis sampai gurih.

Kue Serabi

Serabi atau Surabi terdapat dua jenis, yakni serabi manis yang memakai kinca dan serabi asin dengan taburan oncom yang sudah dibumbui diatasnya. Di Bandung, serabi biasa dijajakan di pagi hari dan dimasak memakai tungku sampai-sampai menghasilkan rasa yang khas.

Kadangkala telur ayam yang sudah dikocok ditambahkan ke atas adonan serabi yang sedang dimasak. Seiring dengan pertumbuhan zaman, tidak sedikit yang terus berinovasi dengan menambahkan sekian banyak  topping laksana sosis, keju, dan mayones.
Cara menciptakan kue serabi lumayan mudah, campurkan bahan-bahan laksana santan, gula merah dan garam secukupnya. Lalu tambahkan tepung beras dan tepung terigu dan aduk-aduk sampai merata.

BACA JUGA : JENIS KOPI DAN MANFAATNYA

Kemudian tambahkan telur yang telah dikocok dengan pewarna makanan, setelah seluruh bahan tercampur rata, letakan adonan di atas cetakan serabi. Tunggu sampai matang, angkat dan kue serabi siap guna dihidangkan.

Kue lumpur

Kue lumpur ialah jajan pasar yang tergolong penganan ringan. Bahan utamanya yakni santan, kentang, tepung terigu, dan telur. Sebagai pewangi dipakai vanila dan biasanya diberi dekorasi kismis dan kelapa muda iris di permukaannya. Kue ini termasuk dalam kue basah sampai-sampai tidak tahan ditabung lama.

Kamu dapat membuat sendiri di lokasi tinggal dengan menyaksikan resep kue lumpur inilah ini, metodenya lelehkan margarin, ambil lokasi untuk mencampurkan bahan laksana telur, gula, vanili dan kentang, kemudian campurkan tepung terigu, santan, garam dan margarin yang telah dilelehkan tadi.

Panaskan cetakan dengan api kecil, lantas masukan adonan ke dalam cetakan yang telah dilumuri margarin. Tambahkan toping kismis atau kelapa muda dan masak sekitar dua menit sampai matang.

KUNJUNGI : JUAL JENIS KOPI ARABICA MURAH

https://jeniskopirobustadangayo.blogspot.com/

0 komentar "Makanan ringan Nusantara", Baca atau Masukkan Komentar

Posting Komentar